Followers (私の信者)

Search in Here

Friday, February 22, 2013

CARA MEMBUAT WEIBO


Langkah-langkah dalam membuat situs jejaring sosial weibo : 


Langkah 1, dan sangat penting, serta menentukan akun weibo akan diminta untu verifikasi dengan nomor china adalah EMAIL..
Email yang digunakan harus >> yahoo.com / gmail.com
Saran admin, buat email baru lebih bagus..
Dan, di email itu menyamarlah jadi orang China..
Semenjak Member SJ membuat akun weibo, sistem keamanan weibo makin tinggi, dan lebih mudah curiga pada seseorang..

Membuat Email untuk weibo


1. Masuk ke yahoo.com (bukan yahoo.co.id)


2. Klik Sign Up 


3. Isi formulir pendaftaran email seperti pada gambar, dengan mengubah informasi layaknya orang china :D





4. Selanjutnya, bisa kalian isi sendiri :)

Ini adalah tahap awal, dan paling penting..
Saya baru sadar selama ini, 4 akun yang saya buat mengalami masalah karena emailnya yang menggunakan ymail.com -_-
Jadi, usahakan tahap ini, karena ini sangat penting ^^


Setelah email jadi, inilah tahap-tahap yang harus dilakukan ^^

5. Masuk ke http://www.weibo.com/

6. Klik Kotal berwarna hijau di ujung kanan atas weibo untuk mendaftar





7. Setelah itu akan muncul tab baru, jangan lupa mengganti verifikasi menggunakan telepon menjadi email. (Lihat pada gambar, kalau gambarnya telepon *nunjuk gambar warna orange* berarti harus diganti, caranya liat gambar lagi :D)





8. Isi formulir pendaftaran weibo sesuai dengan data diri kamu (Tapi, saya sarankan pake nama china lagi :D)



>> Selanjutnya, adalah menverfikasi akun weibo.. ^^

9. Klik, kotak berwarna kuning yang ada, lalu setelah itu buka email kamu (email yang kamu tulis saat mendaftar tadi)


10. Setelah masuk ke email, buka inbox dan lihat email dari weibo..
Klik link (tulisan berwarna biru yang panjang)


>> Maka akan muncul tab baru :)

11. Tahap selanjutnya.. adalah mengisi data diri..
Data diri yang memilki tanda '*' harus diisi dengan baik, agar tidak membuat weibo curiga, hal ini yang biasanya membuat kita harus menverifikasi ulang dengan nomor china..




Selanjutnya cara mengisi bagian 'Sekolah'

>> Klik kotak untuk sekolah makan akan muncul tab seperti pada gambar :)

>> Ganti Universitas menjadi SMA saja (saran) ^^
Kalau Universitas ribet ><

Untuk lebih detail liat ke gambar yah ^^






12. Setelah sekolah sudah terisi maka, klik kotak berwarna orange di bawah untuk langkah selanjutnya..
Dan, akun kamu sudah jadi sekitar 80% :D


13. Setelah data tentang diri kita telah terisi, maka akan muncul tab baru lagi..
Tab ini mengharuskan kita men-follow seseorang.
Untuk ELF pastilah member SJ :D
Caranya adalah ketik pada pencarian nama-nama akun member SJ, lalu klik kotak berwarna orange di sampingnya, maka akun member SJ akan muncul pada bagian 1, di pojok kiri atas :)

Kyuhyun: GameGyu88
DongHae: Donghai1015
SiWon: 崔始源
Henry: henryzzz89
Hangeng: 韩庚
Heechul: 希天才

Eunhyuk : haohaohyuk


Cara menfollow akun mereka, adalah klik kotak yang berisi tanda '+' dibawah akun member SJ, setelah berubah menjadi tanda maka berarti kamu sudah men-follow mereka :)

Setelah itu, turunkan kursor ke bagian bawah, dan cari kotak berwarna orange (yang paling bawah yah ^^)
Lalu klik, untuk berpindah ke step selanjutnya..





14. Tahap selanjutnya adalah memilih minat atau kegemaran..
Caranya ada mengklik yang kalian inginkan..

Setelah itu turunkan kursor ke bagian bawah lalu klik kotak berwarna orange untuk tahap terakhir ^^





15. Tahap terakhir, Akan muncul cara-cara menggunakan weibo dalam bahasa china, tapi tidak ada jalan untuk menutup step tersebut.. 
Jadi, ikuti saja sampai selesai, dengan cara meng-klik kotak berwarna orange yang ada *lihat gambar* sampai step-nya selesai..
Dan, jadilah weibo kalian ♥






Ini adalah akun weibo saya.. ^^
Setelah belajar selama 1 hari penuh, dan mencari cara agar verifikasi akun dengan nomor china hilang. Akhirnya saya bisa membuat tutorial seperti ini :)



Please..
Take All with Full Credit : supergaemgyuihfa.blogspot.com

Cara Edit Foto Online Gratis

Edit foto online itu sebenarnya sangat mengasyikan karena berbagai macam kreasi unik bisa kita buat dengan sungguh-sungguh, coba anda bayangkan ketika hasil karya kita tersebar luas di internet dengan komentar beragam.

Memang hal ini bisa kita abadikan dengan cara menguploadnya ke situs seperti facebook, twitter atau picasa dari google, maka dari itu mengapa anda tidak mencoba menghasilkan sesuatu karya gambar dengan unik, kreatif serta jarang orang melihatnya. Sebelumnya saya juga sudah membuat sebuah artikel menarik tentangmengecilkan ukuran foto, mungkin kalian tertarik untuk membacanya.

Lalu apa saja yang harus kita siapkan ketika ingin mengubah suatu foto di internet secara online! memang dari awal koneksi internet ialah kewajiban bagi anda untuk memiliki, karena jika tidak pasti anda semua tidak akan bisa membaca tutorial dari ocimblog.

Sebenarnya teknik dan cara itu tergantung kemampuan dari semua orang, sebab tiap individu mempunyai faktor x yang bisa dikembangkan dalam menanggapi hobinya tersebut. Sebutlah anda memang mempunyai hobi menggambar tetapi belum tentu bisa mengedit foto dengan bagus, tetapi bagi sebagian orang sangat lihai dalam mengubah namun kurang dalam menggambar pada secarik kertas.

Untuk itu saat ini saya hanya akan memberikan rujukan bagi anda yang ingin edit foto online, beberapa situs dibawah ini saya akui mempunyai tool lengkap dalam melengkapi kinerja anda nantinya. Jika memang terkendala dalam hal koneksi coba dulu download Photoscape agar bisa di pakai offline pada komputer atau laptop rumah, langsung saja silahkan lihat dibawah ini daftar websitenya:

Cara Edit Foto Online Gratis

  1. EnjoyPic.com
    funny photo effects editor
  2. Pixlr.com
    Pixlr is a free online photo editor.
  3. PhotoFunia.com
    PhotoFunia is an online photo editing tool that gives you a fun filled experience.
  4. freeonlinephotoeditor.com
    Edit your photos, pictures and images
  5. pizap.com
    piZap is an online photo editor and collage maker.
  6. fotoflexer.com
    FotoFlexer is the most powerful online photo editor in existence. It can remove blemishes, change skin/hair color, morph photos and more! 100% free.
  7. ipiccy.com
    iPiccy free online photo editor makes your photos beautiful with easy and powerful editing tools.
  8. funnywow.comBuat Lucu Gambar Dari Foto Anda Menambahkan Efek Keren Untuk Foto
  9. phixr.com
    Phixr is a free online photo editor. Easy to use, lots of effects and filters, directly connects to Facebook, Twitter, flickr and many more.
  10. befunky.com
    BeFunky Photo Editor lets you apply photo effects, enhance, filter pictures and photos online.
  11. picmonkey.com
    PicMonkey: Free online photo editor by ex Picnik staffers! Collage, Touch Up, Teeth Whiten, Fonts, Effects, Filters, Frames, Stickers & more.
  12. lunapic.com
    Open Image Free Online Photo Editor.

Mungkin itu saja bisa saya berikan pada kesempatan hari ini, namun mudah-mudahan walau sedikit tetapi anda bisa menggunakannya dengan baik sebab dari beberapa situs diatas memang mempunyai kelebihan serta kekurangan juga.

sr by : http://www.ocimblog.com/2013/01/edit-foto-online.html

Macam-macam Adobe


  •         Adobe Photoshop
Fungsi                              : Untuk mengelola foto, seperti mengedit, memperindah, meningkatkan kualitas gambar, dll.

  • Adobe Acrobat
Fungsi                              : Untuk membuat dan mengedit file berformat PDF.

  •          Adobe Flash Profesional
Fungsi                             : Untuk membuat animasi dengan konten-konten yang interaktif

  •          Adobe Creative Suite 5.5 Production Premium
Fungsi                             : Untuk mengelola video performa tinggi

  •          Adobe Creative Suite 5.5 Design Standar
Fungsi                             : Untuk Menghasilkan desain cetak berdampak tinggi dan publikasi digital.

  •          Adobe Audition
Fungsi                   : Untuk mengedit video atau audio dengan bantuan tool-tool propesional untuk memberikan kejernian suara lebih baik.

  •          Adobe Ilustrator
Fungsi                             : Untuk membuat desain vektor.

  •          Adobe InDesign
Fungsi                             : Untuk mendesain media publishing

  •          CorelDRAW Graphics Suite
Fungsi                              : Untuk membuat atau mendesain gambar, animasi dan masih banyak yang lainnya.

  •          CorelDRAW Premium Suite
Fungsi                             : Untuk membuat atau mendesain gambar, animasi flash dan masih banyak yang lainnya.

  •          CorelCAD
Fungsi                             : Untuk membuat gambar desain 2D dan 3D

  •          CorelDESIGNER Technical Suite
Fungsi                             : Untuk membuat ilustrasi, diagram dan dokumentasi teknis 3D

  •          CorelPainter
Fungsi                             : Untuk membuat lukisan realistis dengan alat lukis digital

  •          CorelPaintShop
Fungsi                             : Untuk mengedit, memperindah dan memberikan efek pada foto

  •          Corel Wilcom® DecoStudio© e2

Fungsi                             : Untuk membuat desain bordir lebih hidup

Monday, February 04, 2013

Bagian-bagian Kamera dan Fungsinya

I. Kamera

Kamera adalah sebuah alat yang mengarahkan bayangan yang difokuskan oleh lensa/sistem optik lain keatas permukaan foto sensitif yang berada dalam tempat tetutup/ film. Dilihat dari jenisnya, kamera ada 2 macam yaitu:
  1. Compact Camera,yaitu kamera yang pemakaiannya langsung melihat obyek yang difoto tanpa melalui lensa pengatur.
  2. Single Lens Reflex(SLR),yaitu kamera yang cara kerjanya dengan bayangan benda yang dilihat lalu di pantulkan oleh cermin yang terdapat didalam kamera, sehingga dengan jenis ini obyek tidak dapat dilihat jika lensa dalam keadaan tetutup.
Kelebihan Dan Kelemahan “Compact Camera”
#Kelebihan:
  • Gambar yang dihasilkan cukup terang meskipun cahayanya minim.
  • Bentuk kecil, ringan dan kompatibel
  • Otomatis penuh sehingga sesuai untuk pengambilan dimana saja.
  • Kamera tidak memakai cermin didalam dan suaranya tidak berisik.
  • Bisa dioperasikan dengan menggunakan flash (blitz).
#Kelemahan:
  • Flash yang built in pada body kamera bisa menyebabkan foto yang dihasilkan menjadi red eyes reduction.
  • Karena obyek yang difoto di lihat melalui view vinder yang terpisah dari lensa sehingga ada kemungkinan pengambilan gambar pada saat lensa tertutup.
  • Pengaruh pemakaian filter tidak tampak jika di lihat dari view vinder.
  • Karena lensa menjadi satu dengan body kamera maka lensa tidak dapat di ganti dengan jenis yang lain.
  • Paralax Error, yaitu ketidaksesuaian gambar yang dihasilkan dengan yang dilihat melalui view vinder.
  • Tidak bisa untuk pengambilan gambar Close up.
Kelebihan dan Kelemahan Kamera SLR
#Kelebihan:
  • Komposisi dapat lebih tepat.
  • Pengaturan fokus dan jarak dapat lebih teliti karena cahaya diukur melalui lensa.
  • Karena banyaknya kepingan lensa yang dipakai, maka lebih mudah pengaturan fokus dengan menggerkkan “focussing ring” kedepan dan kebelakang.
  • Lensa dapat dengan mudah di lepas dan di ganti dengan lensa yang lain sesuai dengan kebutuhan.
#Kelemahan:
  • Suara yang dikeluarkan pada saat di operasikan lebih berisik.
  • Karena komponennya kompleks maka sering mengakibatkan kegagalan dalam pengambilan gambar.
  • Harga jauh lebih mahal.
  • Sinkronisasi flash di batasi hanya pada skala shutter speed.

Bagian Body Kamera dan Fungsinya

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa bagian kamera yang penting adalah body kamera dan lensa. Pada body kamera jenis SLR dan TLR tedapat beberapa komponen dan fungsinya sebagai berikut:
1.View Finder (jendela pengintai) fungsinya untuk melihat obyek yang akan difoto.
2. Shutter speed (skala kecepatan), untuk mengatur kecepatan membuka dan menutupnya rana.
3.Rana fungsinya membuka dan menutup untuk mengambil cahaya yang dibutuhkan dai kamera ke obyek pada saat shutter release ditekan.
4.Diafragma fungsinya untuk mengontrol atau mengatur ruang tajam pencahayaan.
5.Skala penunjuk ASA film, fungsinya untuk menunjukkan ASA film yang dipakai.
6.Shutter Release (tombol penembak), fungsinya untuk menembak secara manual.
7.Self Timer (penunda waktu), fungsinya untuk menangguhkan waktu pengambilan obyek yang akan difoto.
8.Pengokang (tuas untuk memajukan film), fungsinya untuk menggeser film yang telah dicahayai.
9.Tuas untuk menggulung film.
10.Lubang untuk memasukkan kabel sinkronisasi, untuk menggabungkan kamera dengan flash.
11.Tombol pelepas rana.
12.Hot Shoe (sepatu panas), fungsinya untuk menempatkan flash.
13.Film Counter (penunjuk film yang telah dipakai).
14.Tempat baterai untuk kamera.
15.Tombol atau pengait penggulung film, fungsinya untuk menggulung film.
16.Tombol pelepas film.
17.Cermin, fungsinya untuk membuka dan menutup pada saat shutter release ditekan.
18.Pengait film.
Pada jenis kamera kompak bagian-bagiannya tidak selengkap dan sekomplek komponen-komponen pada kamera SLR dan RLT.

II. Lensa Kamera

Kamera yang dipakai untuk keperluan lebih serius akan lebih baik menggunakan jenis kamera SLR. Dengan sistem ini akan lebih mudah untuk dapat mengganti lensa sesuai dengan yang diinginkan. dan muncullah berbagai jenis lensa yang dikelompokkan menurut luas sudut pengambilan gambar.
1. Lensa Sudut Lebar (Wide)
a. Ultra Wide (15,18,20mm)
Daya jangkau cukup dan ruang tajamnya cukup besar. Banyak digunakan untuk foto pemandangan, jurnalistik, arsitektur. Kekurangannya bila belum menguasai prospektif dan komposisi obyek akan tampak kecil sekali dalam gambar.
b. Medium Wide (24,28,35mm)
Dipakai untuk interior juga arsitektur.
2. Lensa Datar
Lensa (50mm) kekuatan lensanya cukup tingi. Rancangan lensanya normal memang dibuat seperti layaknya pandangan mata kita, maka banyak digunakan untuk foto dokumentasi.
3. Lensa Tele
lensa dengan jangkauan jauh, agar benda di kejauhan tampak dekat.
-Medium Tele : 85,105,135,200mm
-Super Tele : 300,400,600,800,900,2000mm.
4. Lensa Vario (zoom)
Lensa yang mempunyai variasi panjang yang dapat diatur sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita.
-Wide-Wide : 17-18,20-35mm.
-Wide-Normal : 35-70,28-70,24-70mm.
-Wide-Medium tele : 28-85,28-200mm.
-Medium-Super tele : 80-200,600-1200mm.
-Wide-Super tele : 35-350mm.
5. Lensa Konventer
Sebuah lensa yang dapat meningkatkan kekuatan dan panjang lensa menurut angka pelipatnya. Sebagai contoh, lensa konventer 2x 200mm dapat menambah kekuatan lensa 200mm menjadi 400mm.

III. Flash (Lampu Kilat)

Yang dimaksud dengan lampu kilat adalah cahaya buatan yang dihasilkan oleh suatu alat yang bertujuan untuk memberikan penyinaran saat cahaya alami tidak mampu melakukannya atau sebagai pelengkap/pendukung cahaya alami.
a. Flash bulb
Flash bulb terdiri dari lim kawat magnesium kawat besi dalam ruangan berisi oksigen pekat. Lampu kilat jenis ini dinyalakan oleh suatu aliran atau getaran singkat pada waktu bersamaan atau sesaat atau pengatur cahaya dibuka. Pada sebuah flash bulb terdapat 4 bola lampu hanya dapat digunakan dalam satu kali pemakaian.
b. Elektronik Flash
Yaitu lampu kilat dimana terdapat baterai sebagai kapasitor/kondensator yang menyimpan tenaga listrik, kemudian mengeluarkannya untuk memicu cahaya kilat. Dan pada lampu kilat elektronik terdapat sebuah sensor yang mengukur cahaya dari lampu kilat sesuai dengan kadar pencahayaan yang di butuhkan. Lampu jenis ini lebih efisien, karena dapat dipakai berulang-ulang.
c. Multiple Flash
Yaitu suatu lampu kilat yang dapat menyala ratusan kali pada tiap detiknya. Lampu kilat ini dapat digunakan untuk merekam pergerakan yang terjaddi pada obyek bergerak dan menganalisa fenomena dengan kecepatan tinggi.
d. Stroboscope
Adalah sebuah alat yang menghasilkan atau menggunakan pulsa-pulsa cahaya yang cemerlang untuk obyek yang bergetar, berputar dan untuk membuat obyek tersebut seperti tidak bergarak/bergerak sangat lambat.

IV. Accessories

Pada pemotretan yang baik ada kalanya di butuhkan beberapa perangkat tambahan untuk lebih menyempurnakan hasil gambar yang diperoleh.
A.Filter
Filter merupakan lensa tambahan yang berfungsi sesuai dengan jenisnya masing-masing diantaranya :
  • Filter Monocrome, berfungsi untuk menguatkan suatu nada warna pada obyek yang sesuai dengan filternya. Contoh, filter Monocrome warna merah.
  • Filter Ultraviolet, berfungsi untuk menghilangkan efek dari sinar ultra violet.
  • Filter Skylight, yaitu berfungsi merubah warna ultra violet menjadi warna magenta.
  • Filter Konversi, berfungsi untuk menghilangkan warna dari obyek atau efek suatu pencahayaan menjadi warna asaknya.
  • Filter Polarizing, berfungsi untuk menjernihkan pandangan (menghilangkan pantulan cahaya, membirukan warna langit dan menjernihkan air).
  • Filter Gradual, berfungsi untuk membuat efek gradasi warna pada obyek.
  • Filter Diffuser, berfungsi untuk melembutkan pandangan.
  • Filter Close Up, berfungsi untuk memotret obyek yang kecil.
B.Penyangga
a. Tripod, penyangga kamera yang memiliki tiga kaki.
b. Monopot, penyangga kamera yang memiliki satu kaki.
c. Ligt Stand, penyangga lampu-lampu yang umumnya dipakai di studio.
d. Handkett, penyangga tubuh yang menempel pada kamera.
C.Kabel Release
Kabel bertombol yang berfungsi sebagai perpanjangan dari tombol shutter.
D.Back Ground
Latar belakang yang digunakan dalam pengambilan gambar/obyek.

V. Slave Unit

Sensor pemicu lampu-lampu kilat yang pulsa-pulsanya bekerja atas rangsangan cahaya lampu kilat lain.

VI. Light Meter

Alat pengukur kekuatan cahaya didalam kamera secara elektronik

VII. Reflektor

Alat yang befungsi sebagai pemantul cahaya.

VIII.Flash meter

Fungsinya alat ini untuk mengukur kekuatan cahaya flash secara eklektronik.

IX. Soft box

Fungsinya untuk melembutkan cahaya.

X. Slide Proyektor

Fungsinya untuk menampilkan film positif pada layar.

XI. Hand Kad

Fungsinya sebagai pemegang kamera dan menempatkan flash.

XII. Film

Adalah suatu plastik yang dilapisi emulsi, emulksi tersebut tersusun atas pelatin dan partikel garam yang peka cahaya
a. Menurut ukurannya
· Film Mikro :28×24 mm, 26×24 mm
· Film Standart :35×24 mm
· Film Format Sedang :4,5×6,7, 6×9 mm
· Film Format Besar :24×18, 12×9 mm
b. menurut kepekaan (ISO) mempunyai satuan ASA (America Standart Association) dan DIN (Deutsch Industrie Norm)
· ISO Rendah :3-5(ASA)-15-18(DIN)
· ISO Sedang :64-200(ASA)-21-24(DIN)
· ISO Tinggi :400-800(ASA)-27-30(DIN) dst
c. menurut warna dasarnya
tiap jenis dan kategori film mengacu pada warna dasar yang menyusun setiap warna pada film itu sendiri
  • Film hitam putih (B/W), memiliki warna dasar hitam
  • Film warna (colour, memiliki tiga warna dasar yaitu film negatif warna kuning, magenta, cyan
  • Film slide (film positif), warna dasarnya biru, merah, hijau
d. film khusus
  • Film instan, yang bisa disebut polaroid
  • Film infra merah, dipakai untuk pemotretan dalam ruang gelap
  • Film X-Ray, dipakai untuk keperluan kedokteran ex. Rongen atau pemeriksaan logam
 Gambar Prespektif
 
Peraturan-peraturan perspektif yang berbeda-beda pada dasarnya semua mengikuti keadaan alam. Hal ini karena mata manusia sudah terbiasa melihat benda-benda sekeliling dalam bentuk perspektif. Maka orang akan lebih cepat menangkap maksud sebuah gambar perspektif daripada proyeksi orthogonal.
Mata manusia hanya mampu melihat keadaan sekeliling dengan sudut pandang tertentu yang relative terbatas. Kemampuan manusia memandag ini tidak dapat dipaksakan untuk melihat (memandang) objek sekeliling dengan sudut pandang yang lebih besar.
Dalam menggambar perspektif, pengamatan obyek berasal dari satu titik pandang. Yaitu titik tempat pengamat berdiri memandang objek. Sudut dipersempit secara relative, dan dengan cara ini garis-garis lurus akan tetap lurus dan menghasilkan gambar perspektif yang tidak terdistorsi.
 Jenis-jenis Gambar Perspektif dilihat dari Titik Hilang
Dilihat dari titik hilang yang digunakan gambar perspektif ada tiga, yaitu :
• Perspektif  satu titik hilang
• Perspektif dua titik hilang
• Perspektif tiga titik hilang
Beberapa singkatan dari bahasa asing yang lazim digunakan dalam gambar perspektif, yaitu :
-          CVA     :   Central Vertical Axis = Sumbu Vertikal Pusat
-          EL        :   Eye Level = Ketinggian Mata
-          GL        :   Ground Line = Garis Tanah
-          HL        :   Horizon Line = Garis Horison
-          MP       :   Measuring Point = Titik Ukur
-          PP        :   Picture Plane = Bidang Gambar
-          SP        :   Station Point = Titik Pangkal
-          VML     :   Vertical Measuring Line = Garis Ukur Vertikal
-          VMP     :   Vertical Measuring Point = Titik Ukur Vertikal
-          VP        :   Vanishing Point = Titik Hilang
-          VVL      :   Vertical Vanishing Line = Garis Hilang Vertikal
-          VVP     :   Vertical Vanishing Point = Titik Hilang Vertikal
5.    Menentukan Sudut Pandang Dan Titik Hilang.
Kadang kita menemui gambar perspektif yang terlihat tidak seimbang atau beberapa furniturnya terpotong. Permasalahan ini dapat di atasi dengan cara:
  • Garis Horison dapat diturunkan atau dinaikkan sehingga bagian objek dapat terjangkau oleh sudut pandang pengamat.
  • Kedudukan pengamat dimundurkan lebih jauh dari bidang gambar sehingga seluruh bagian objek dapat terjangkau oleh sudut pandang pengamat.
Untuk menentukan titik hilang dapat dengan cara menentukan terlebih dahulu bagian ruang yang akan ditampilkan secara maksimal. Pada perspektif satu titik, bila bagian ruang yang akan ditampilkan adalah bagian kanan, maka titik hilang cenderung berada di sebelah kiri menjauhi garis normal dan bagian kanan ruang pada gambar. Cara ini berlaku untuk bagian ruang lainnya (kiri, atas dan bawah). Sedangkan pada perspektif dua titik, bila bagian ruang yang akan ditampilkan adalah bagian kanan, maka titik hilang sebelah kiri akan menjauhi dan titik hilang kanan akan mendekati bagian kanan ruang pada gambar.
6.    Teknik Menggambar Perspektif Linear dan Perspektif Aerial
Para Teknik Menggambar perspektif
Menggambar Perspektif adalah teknik yang digunakan untuk mewakili tiga dimensi gambar pada pesawat gambar dua dimensi. Dalam seri pelajaran kita pada perspektif gambar kita menjelaskan berbagai metode membangun sebuah gambar dengan perspektif dan menunjukkan bagaimana ini digunakan oleh seniman dan ilustrator.
Ada tiga aspek perspektif:  Yang pertamaberkaitan dengan bagaimana ukuran objek tampaknya berkurang sesuai dengan jarak,yang kedua, cara di mana perubahan warna semakin jauh mereka dari mata;  ketigaobjek mendefinisikan bagaimana seharusnya selesai kurang hati-hati lebih jauh mereka adalah ” (Leonardo da Vinci)
Perspektif dikembangkan pada abad ke-15 oleh arsitek, Leon Baptista Alberti (1404-1472) dan Filippo Brunelleschi (1377-1446). Untuk 500 tahun, gambar perspektif tetap salah satu prinsip dasar dari seni Barat sampai ditantang oleh ide-ide dari Cubists pada awal abad ke-20. Apakah Anda bekerja dengan bahan konvensional seperti pensil dan cat, atau media digital kontemporer , pengetahuan dan pemahaman gambar perspektif tetap merupakan alat penting untuk membantu Anda meningkatkan teknik gambar Anda.
Ada dua elemen utama dalam gambar perspektif:
  • Perspektif linier yang berkaitan dengan organisasi bentuk dalam ruang
  • Perspektif udara yang berkaitan dengan efek atmosfer pada nada dan warna.
Anda dapat melihat bagaimana kedua elemen ini bekerja di ilustrasi kami atas beberapa reruntuhan kuno:
Gambar hitam dan putih menampilkan contoh dari Perspektif Linear. Hal ini menunjukkan beberapa garis konstruksi yang digunakan untuk mengatur blok dan kolom untuk membuat sebuah ilusi kedalaman dan jarak.
Jika Anda mengarahkan mouse ke gambar hitam dan putih harus mengungkapkan versi berwarna dan bertekstur dari TKP. Ini menampilkan efek atmosfer Perspektif Aerial. Anda dapat melihat bagaimana nada melemah dan warna-warna pucat karena mereka mundur dari pandangan Anda.
Kedua perspektif linear dan udara bergabung untuk menciptakan ilusi tiga dimensi meyakinkan pada bidang dua dimensi.
Plane Gambar dan Plane Kantor
Plane Gambar dan Plane Kantor
Gambar Plane adalah permukaan datar dua dimensi di mana kita menarik atau proyek gambar dalam perspektif.
Dalam ilustrasi di atas, itu adalah tugas sederhana untuk menggambar dua persegi panjang jika mereka sejajar dengan bidang gambar.
Ground Plane di 90 derajat terhadap bidang gambar.
Dalam ilustrasi kami, bidang tanah adalah permukaan abu-abu di mana bentuk tampaknya berdiri. Hal ini ditekankan oleh bayangan yang dilemparkan atasnya. Dimulai di bagian bawah pesawat gambar dan membentang kembali ke cakrawala.
Kesulitan dalam menggambar persegi panjang kedua muncul ketika Anda perlu menggambarkan mereka pada sudut terhadap bidang gambar. Di sinilah aturan gambar perspektif datang ke dalam bermain.
Mouse di atas gambar untuk melihat bagaimana perspektif perubahan ketika persegi panjang dilihat di sudut.
Mereka sekarang dilihat pada sudut 90 derajat terhadap bidang gambar sebagai mereka surut sepanjang bidang tanah. Hal ini menciptakan ilusi kedalaman. Bentuk mereka tidak lagi identik dan telah berubah sesuai dengan aturan perspektif.
Halaman-halaman berikut kami menguraikan beberapa prinsip penting dari gambar perspektif.
7.    Horizon / Tingkat Mata di Menggambar Perspektif



Horizon adalah Tingkat Mata Tingkat cakrawala/mata adalah sumbu sekitar yang gambar perspektif dibangun.
Ketika kita berada di luar ruangan kami menggunakan cakrawala sebagai titik acuan untuk menilai skala dan jarak objek dalam hubungan dengan kita.
Dalam gambar perspektif, cakrawala akan terjadi pada pemirsa mata-tingkat.
Dalam seni, kita cenderung menggunakan ‘tingkat mata’ istilah, daripada ‘cakrawala’ seperti dalam banyak gambar, cakrawala sering disembunyikan oleh dinding-dinding, bangunan, pohon, bukit dll
Untuk membuat gambar perspektif di atas, kita telah menambahkan beberapa turis ke lokasi kami dari halaman 1 .
Perhatikan bagaimana keempat berbagi angka tingkat mata sama -.. Yaitu cakrawala gambar ini menunjukkan bahwa mereka semua sama tinggi dan berdiri di pesawat yang sama Karena cakrawala terjadi menjadi tingkat mata kita, itu juga menunjukkan bahwa angka ketinggian yang sama seperti penampil gambar. Akibatnya, organisasi skala dan jarak dalam gambar visual yang baik masuk akal.
Jika Anda mengarahkan mouse gambar ini harus mengungkapkan citra kedua kami. Meskipun angka-angka ini masih ukuran yang sama, tingkat mata mereka tidak lagi memiliki hubungan dengan tingkat mata gambar. Akibatnya, skala angka benar-benar bingung.
Hal ini menunjukkan pentingnya tingkat cakrawala / mata untuk organisasi skala dan jarak dalam gambar perspektif. Hal ini juga menggambarkan arti dari kutipan terkenal Leonardo bahwa, “Perspektif adalah untuk melukis apa tali kekang kuda adalah, kemudi ke kapal ‘.
  1. Satu Titik Perspektif
Satu Titik Perspektif – Perspektif Persegi Panjang
Dalam perspektif kita menggambar di atas, Anda dapat melihat garis konstruksi yang digunakan untuk menggambar dua persegi panjang dari ilustrasi kami pada halaman 2.
Ada dua jenis garis konstruksi yang digunakan dalam gambar perspektif:
1) Garis Orthogonal yang telah kita ditarik dalam merah.
2) Garis Lintang yang telah kita ditarik dalam warna hijau.
Kami akan terus menggunakan kode warna dalam ilustrasi berikutnya.
Garis Orthogonal
Garis ortogonal  yang sejajar dengan bidang tanah dan bergerak kembali dari pesawat gambar.
Garis ortogonal mengatur ketinggian bervariasi atau lebar dari pesawat empat persegi panjang seperti itu surut dari pandangan.
Garis ortogonal selalu tampil untuk bertemu di satu titik hilang pada tingkat mata.
Garis transversal
Garis transversal yang selalu di es angl kanan ke orthogonals.
Garis transversal yang sejajar dengan bidang gambar dan satu sama lain.
Garis transversal membentuk tinggi tetap atau lebar antara dua garis ortogonal.
Garis transversal membentuk tepi terdekat dan terjauh dari sebuah persegi panjang seperti surut dari pandangan.
Vanishing Poin
Titik hilang, yang telah kita digambarkan berwarna biru, adalah titik pada tingkat mata-mana garis paralel tampaknya menyatu dan menghilang Kedua ilustrasi di halaman ini menggunakan titik hilang tunggal dan menunjukkan bentuk sederhana dari gambar perspektif:. Satu Perspektif Point.
Satu Titik Perspektif – Perspektif Box
Satu perspektif titik dinamakan demikian karena menggunakan titik hilang tunggal untuk menggambar objek. Ini adalah bentuk sederhana dari gambar perspektif dan digunakan di sini untuk menggambar kotak.
Dalam satu perspektif titik, depan dan belakang pesawat transversal kotak selalu tetap sejajar dengan bidang gambar. Hanya perubahan skala mereka saat mereka surut ke kejauhan.
Perhatikan bahwa hanya garis ortogonal surut yang mengubah sudut mereka.
Jika Anda mengarahkan mouse di atas gambar untuk melihat ilustrasi selesai, Anda akan melihat bahwa bagian depan dan belakang kotak pesawat kami telah meninggalkan terisi untuk membuat konstruksi lebih terlihat.2Dua Titik Perspektif
2.    Dua Titik Perspektif
Dua perspektif titik digunakan dalam ilustrasi ini untuk menggambar kotak kita yang sekarang telah diputar pada sudut terhadap bidang gambar.
Dua perspektif menggunakan dua titik setgaris ortogonal dan dua titik hilang untuk menarik setiap objek.
Tidak ada lagi pesawat sejajar dengan bidang gambar. Namun vertikal garis transversal masih ditarik sejajar satu sama lain dan pada sudut kanan ke tanah pesawat.
Hal ini pada tahap ini bahwa gambar perspektif mulai menjadi lebih canggung karena titik hilang kedua sering terletak baik di luar bingkai gambar.
Klik di sini untuk melihat sebuah ilustrasi yang menampilkan posisi titik hilang kedua. Jika kedua titik hilang yang terletak di dalam bingkai foto, sudut objek yang tampil menjadi sangat menyempit.
Pada ilustrasi selesai, yang dapat Anda lihat ketika Anda mengarahkan mouse di atas gambar, bagian depan dan belakang kotak pesawat kami telah meninggalkan terisi untuk membuat konstruksi lebih terlihat.
3.   Tiga Titik Perspektif
Tiga Titik Perspektif menggunakan Eye Tingkat Rendah. Tiga Perspektif Point bentuk yang paling kompleks gambar perspektif. Tiga perspektif titik menggunakan tiga set garis ortogonaldan tiga titik hilang untuk menarik setiap objek.
Klik di sini untuk melihat ilustrasi penuh dengan semua titik hilang ditampilkan .
Teknik ini paling sering digunakan ketika menggambar bangunan dilihat dari tingkat mata-rendah atau tinggi. Tingkat mata rendah dalam ilustrasi kita di atas menciptakan ilusi bahwa bentuk kotak adalah menjulang di atas kami. Secara alami memberi skala dari bangunan tinggi.
Dalam satu dan dua perspektif titik, gambar pesawat tetap pada sudut kanan ke tanah pesawat. Dalam tiga perspektif titik, gambar pesawat tampaknya diatur pada sudut sebagai pemirsa cenderung untuk memiringkan kepala mereka mundur atau maju untuk melihat naik atau turun dari tingkat mata.
Sebagai akibatnya, vertikal garis transversal , yang paralel di satu dan dua perspektif titik, sekarang tampaknya surut. Mereka membentuk satu set ketiga garis ortogonal, yang bangkit dari bidang tanah dan akhirnya bertemu di titik lenyap 3, tinggi di atas pesawat gambar.
Tiga Titik Perspektif menggunakan Tingkat Tinggi Mata
Tiga perspektif titik juga digunakan ketika menggambar objek dari tingkat mata tinggi seperti dalam ilustrasi kita di atas. Ini menciptakan ilusi melihat ke bawah dari sudut pandang yang tinggi.
Proses menggambar hanyalah kebalikan dari metode yang digunakan untuk menggambar sebuah kotak dari tingkat mata yang rendah.
4.   Perspektif Lingkaran
Para Menggambar Perspektif Lingkaran



Sebuah lingkaran dalam perspektif ini disebut elips. Gambar dari elips dikendalikan oleh perspektif persegi panjang.
Gambar kami di atas elips menggambarkan teknik ini. Ada dua tahap yang berbeda dalam penciptaan:
Gambar 1 Lingkaran pertama divisualisasikan dalam bentuk rencana pada grid persegi datar. Setiap bagian dari grid berisi seperempat lingkaran.
Gbr.2 grid persegi terdistorsi sesuai dengan hukum-hukum perspektif. Lingkaran ini kemudian digambar ulang ke grid terdistorsi untuk membuat sebuah elips.
Diagonal-diagonal grid telah ditarik pada kedua ilustrasi untuk membantu dengan merencanakan lingkaran dan elips.
Mouse di atas gambar untuk melihat ilustrasi diselesaikan tanpa garis-garisnya konstruksi.
5.  Perspektif dari Cylinder



Para Menggambar Perspektif dari Cylinder
Sebelum Anda mempelajari perspektif silinder, akan membantu jika Anda memahami perspektif lingkaran yang dijelaskan pada halaman sebelumnya.
Sebuah silinder hanyalah sebuah lingkaran yang diproyeksikan ke dalam tiga dimensi.
Gambar 1
Ini merupakan ilustrasi dari sebuah silinder yang dibentuk oleh lingkaran yang diproyeksikan secara vertikal dari tanah pesawat. Elips yang menguraikan semua silinder lebar yang sama. Namun, kurva bulat mereka secara bertahap meningkat saat mereka naik di atas atau turun di bawah tingkat mata. Perhatikan bagaimana elips di tingkat mata dipandang sebagai garis lurus.
Gambar 2
Ini merupakan ilustrasi dari sebuah silinder yang dibentuk oleh lingkaran yang diproyeksikan horizontal dari pesawat gambar. Kurva melingkar yang membentuk silinder semua bentuk yang sama, tetapi skala mereka mengurangi karena mereka mundur dari gambar pesawat menuju titik hilang.
Kedua contoh kami menggunakan satu perspektif titik, bentuk sederhana dari gambar perspektif.
Perspektif dalam Pasal 1
Perspektif Menggambar menggunakan Eye Tingkat Pusat
Jika Anda dapat melihat atau jika Anda tahu posisi cakrawala dalam gambar, gambar secara otomatis menjadi perpanjangan ruang pribadi Anda sendiri.
Karena cakrawala adalah juga tingkat mata Anda, Anda dapat memahami skala dan ruang dari gambar dalam kaitannya dengan tubuh Anda sendiri. Setiap bagian dari gambar yang sesuai dengan tingkat mata, merasa seolah-olah dekat dengan pribadi Anda sendiri ketinggian Efek ini bekerja apakah benda yang kecil atau besar, dekat atau jauh, atau apakah penampil sedang berdiri, duduk atau berbaring..
Di mana pun Anda memilih untuk menempatkan tingkat mata dalam gambar akan memiliki efek penting pada komposisi.
cr:  http://laurentius-michael.blogspot.com/2012/08/gambar-1.html
Powered by Blogger.

Blogroll

Adventure Time - Lady Rainicorn